Pelimpahan Wewenang Dan Pertanggungjawaban Hukum Tindakan Kedokteran Kepada Perawat Di Rumah Sakit

Aisyah Aisyah, Sunarmi Sunarmi, Mahmul Siregar, Agusmidah Agusmidah

Abstract


Dokter dalam melaksanakan kewenangannya tersebut biasanya dibantu oleh tenaga kesehatan lainnya. Salah satu tenaga kesehatan yang membantu dokter dalam melaksanakan kewenangannya tersebut ialah perawat.Perawat dalam melaksanakan tindakan kedokteran didasarkan pada Pasal 29 ayat (1) huruf e Undang-Undang No. 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan, berbunyi: “Dalam menyelenggarakan Praktik Keperawatan, Perawat bertugas sebagai: pelaksana tugas berdasarkan pelimpahan wewenang”. Artinya, dalam melaksanakan tindakan kedokteran tersebut dilakukan oleh perawat secara delegatif dan mandat. Metode Penelitian yang digunakan yaitu penelitian yuridis normatif, yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Kedudukan hukum dokter, perawat dan pasien di rumah sakit dimana rumah sakit merupakan tempat pasien untuk menerima pelayanan kesehatan dalam hal ini dilaksanakan oleh tenaga medis secara khusus dokter dan perawat.Dokter sebagai pihak yang memberikan pengobatan terhadap orang yang membutuhkannya. Mekanisme yang tepat secara yuridis dalam pelimpahan wewenang tindakan kedokteran kepada perawat di rumah sakit dilakukan dengan tertulis dan dilindungi oleh peraturan perundang-undangan. Mekanisme yang tepat secara yuridis dalam pelimpahan wewenang tindakan kedokteran kepada perawat di rumah sakit dilakukan dengan tertulis dan dilindungi oleh peraturan perundang-undangan

Keywords


Wewenang, Pertanggungjawaban, Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Budiarjo, Miriam, 1998. Dasar-Dasar Ilmu Politik, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Budhiartie, Arrie, “Pertanggungjawaban Hukum Perawat Dalam Penyelenggaraan Kesehatan Di Rumah Sakit”, Dalam Jurnal Hukum Fakultas Hukum Universitas Jambi Vol. 11 No. 2, 2009, Jambi: Fakultas Hukum Universitas Jambi.

HR, Ridwan, 2008. Hukum Administrasi Negara, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Koto, I. (2021, December). Kebijakan Hukum Terhadap Perbuatan Penggunaan Merek Yang Sama Pada Pokoknya. In Seminar Nasional Hukum, Sosial dan Ekonomi (Vol. 1, No. 1, pp. 42-51)

Koto, I., & Faisal, F. (2021). Penerapan Eksekusi Jaminan Fidusia Pada Benda Bergerak Terhadap Debitur Wanprestasi. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 774-781.

Maskawati et. al, 2018. Hukum Kesehatan Dimensi Etis Dan Yuridis Tanggung Jawab Pelayanan Kesehatan, Yogyakarta: Litera.

Pramesti, A.A. Intan,“Tanggung Jawab Hukum Dalam Hubungan Dokter-Perawat”, Dalam Medika Udayana Vol. 01 No. 1, Januari 2013, Denpasar: Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Raharjo, Satjipto, 2000. Ilmu Hukum, Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Simatupang, R. S. A., Siagian, A. H., & Zulyadi, R. (2022). Kajian Hukum Terhadap Anak Yang Melakukan Tindak Pidana Narkotika Dalam Perspektif Kriminologi Studi di Polresta Deli Serdang. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(2), 1137-1146.

Vitrianingsih, Yeni & Budiarsih, “Pelimpahan Wewenang Dokter Kepada Profesi Perawat Dalam Tindakan Medis Dari Perspektif Hukum”, Dalam Jurnal Hukum Magnus Opus Vol. 02 No. 2, Agustus 2019, Surabaya: S2 Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945.

Yahya, Makmur Jaya, 2020. Pelimpahan Wewenang & Perlindungan Hukum Tindakan Kedokteran Kepada Tenaga Kesehatan Dalam Konteks Hukum Administrasi Negara, Bandung: PT. Refika Aditama.

Zainuddin, Z. (2022). Implementation Of The Change Of The Chairman Of The Labuhan Batu Selatan Regional People's Representative Council. International Journal Reglement & Society (IJRS), 3(1), 11-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 LOKASI KANTOR