PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU USAHA TERHADAP HANDPHONEYANG MENGALAMICACAT TERSEMBUNYI YANG DITERIMA KONSUMEN (Studi Kasus PT. Datascrip Cabang Medan)

Faisal Faisal

Abstract


Pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap konsumen sangat penting untuk di ketahui karena saat ini banyaknya tindakan penjualan barang dengan keadaan tidak sempurna yang terjadi dan merugikan konsumen oleh pelaku usaha. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum yuridis normatif dengan pendekatan yuridis empiris. Berdasarkan hasil penelitian dapat dipahami bahwa handphone yang dijual mengalami cacat tersembunyi yang diterima konsumen terjadi karena adanya beberapa faktor antara lain faktor produksi, pengiriman, dan ketidak telitian pelaku usaha dalam memeriksa handphone. Di dalam pengaturannya kewajiban pelaku usaha telahdiatur secara jelas dalam KUHPerdata dan Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 mengenai tentang perlindungan hukum kepada para konsumen dengan memberikan garansi atau ganti kerugian apabila terjadi handphone yang memiliki cacat tersembunyi yang diterima oleh konsumen akibat dari kelalaian pelaku usaha yang memberikan handphone yang memiliki cacat tersembunyi tersebut.

Full Text:

PDF

References


Miru, Ahmad. 2014. Hukum Kontrak dan Perancangan Kontrak. Jakarta: Rajawali Pers. Muthiah, Aulia. 2018. Hukum Perlindungan Konsumen Dimensi Hukum Positif dan Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Nadira, Ida. 2017. Hukum Dagang dan Bisnis Indonesia. Medan: Ratu Jaya. Pengata, Syukmi Tumi. Bentuk Pertanggungjawaban Pelaku usaha, diakses melaluihttps://mediakonsumen.com/2018/04/17/wawasan/apa-saja-bentukbentuk-pertanggungjaw aban-pelaku-usaha-terhadap-konsumen-inijawabannya pada tanggal 7 November 2018 pukul 10:53 WIB.

Sidabalok, Janus. 2018. Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti. Soekanto, Soerjono. 2014. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: Universitas Indonesia Tanjung, Khaerul. Pelaku Usaha Dan Tanggung Jawab Di akses melalui http://www.blogster.com/khaerultanjung/pelaku-usaha-dan-tanggung pada tanggal 2 agustus 2018 pukul 07.00 WIB. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 LOKASI KANTOR